Rabu, 05 November 2014

Biografi Rodney Mullen




Biografi Rodney Mullen
Nama: John Rodney Mullen
Tempat Tinggal: Redondo Beach, CA or Hermosa Beach, CA
TTL: August 17th, 1966 in Gainesville, FL
Keluarga: Traci Mullen (Istri)
Pekerjaan: Engineer / Skate Brand Owner / Skateboarder
Pertama Kali Skating: 1977
Kompetisi Pertama: 1977
Profesional: 1980
Sponsor Pertama: Almost, Enjoi, Darkstar, Tensor, Speed Demons, Matix, Globe
Favored Discipline: Street
Stance: Regular
Nama Panggilan: Mutt, King

Sejarah Singkat Rodney Mullen

Rodney Mullen (lahir 17 Agustus 1966 di Gainesville, Florida) adalah Freestyle Skateboarder profesional, dan dianggap sebagai salah satu skaters yang paling berpengaruh dalam sejarah olahraga.

Dia menemukan banyak trik, termasuk kickflip (awalnya bernama "magic flip"), Heelflip, the tre flip (juga dikenal sebagai 360 kickflip), dan Impossible. Beberapa orang mengatakan bahwa dia adalah "songbird of skateboarding". Dia juga memiliki banyak nama panggilan yang salah satunya adalah "Applesauce and Balance Master".

Mullen mengikuti kontes di Kona bersama teman baiknya yang juga pro skater, Brian M., pada tahun 1977. Dia menempati urutan ketiga dalam Boy's Freestyle event. Kemudian Bruce Walker menemukannya dan Walker Skateboards menjadi sponsor Mullen.

Selama tiga tahun dia mendapat kurang lebih 30 kemenangan, hampir semua kemenangannya tersebut di raihnya di Florida. Puncaknya adalah ketika ia memenangkan Oceanside Nationals pada bulan Juni 1979. Ia dilatih oleh Barry Zaritsky dan mendapatkan pelatihan yang ekstra ketat. Yang hasilnya adalah membawa ia kepada kemenangan atas juara dunia Steve Rocco di Oasis Pro pada tahun 1980. Ia kemudian menjadi skater profesional dengan bergabung di perusahaan legendaris skate Powell Peralta dan merupakan anggota dari Bones Brigade.

Pada tahun 1988, Mullen meninggalkan University of Florida, di mana dia telah belajar Biomedical Engineering selama empat tahun.

Pada awal tahun 1989, Mullen meninggalkan Powell Peralta dan mebuat sebuah perusahaan skateboard yang bernama World Industries. Dia juga menjadi skater profesional untuk perusahaannya tersebut. Pada akhir kompetisi freestyle di era tahun 1990, ia telah memenangkan 33 dari 35 lomba freestyle yang telat diikutinya selama 10 tahun, ini adalah pencapaian yg terbaik dalam sejarah kompetisi skateboard.

Pada tahun 1995, Mullen membuat A-Team, ia berencana membentuk tim super dengan memisahkan Plan B dari kerajaan World Industries. Kemudian A-Team dibubarkan pada tahun 2000 dan Mullen pindah ke sebuah perusahaan milik mantan skater A-Team yaitu Marc Johnson, yang bernama Enjoi skateboards. Mullen meninggalkan Enjoi dan bersama-sama dengan Daewon Song ia terus mempertahankan status profesionalnya. Mullen memperluas pengembangan produknya yaitu Tensor Truck yang dibuat pada tahun 2000. Ia juga telah mengembangkan penemuannya yaitu suatu jenis bahan yg berbeda untuk papan skateboard bagi perusahaan Dwidle.

Pada tahun 2003 Mullen merilis autobiografinya yang berjudul "The Mutt: How To Skateboard and Not Kill Yourself". Pada akhir 2003 Rodney Mullen terpilih sebagai all-time greatest action sports athlete oleh Extreme Sports Channel's Legends of Extreme countdown.

Trik2 Yang Ditemukan Rodney Mullen

* 50-50 Saran Wrap
* 50-50 Sidewinders
* 360 Flip
* 360 pressure Flip
* 540 double kickflip
* 540 Shove-it
* Airwalks
* Backside 180 Flip
* Casper 360 Flip
* Casper Slides
* Caballerial impossible
* Double heelflips
* Flatground Ollie
* Frontside Heelflip Shove-its
* Godzilla Rail Flip
* Gazelles
* Heelflip
* Helipops (360 Nollie)
* Half-cab kickflip underflip
* Helipop Heelflips
* Half Flip Darkslide
* Handstand flips
* Kickflip Underflip
* Kickflip
* No Handed 50-50 Kickflip
* Ollie Impossible
* Ollie Nosebones
* Ollie Fingerflip
* One footed Ollie
* Rusty slides
* Sidewinders
* Switchstance 360 Flips
Seniornya si Rodney Mullen. Stacey Peralta itu yang pny POWELL PERALTa yg akhirnya mrekrut si Rodney. nah Rodney ini jg punya saingan, namanya si Daewon Song. orang asal Korea Selatan. jago jg, tapi masih jagoan Rodney. masih lebih muda dbanding Rodney. si Rodney ama Tony Hawk, masih satu angkatan tapi beda aliran. kelemahannya, masing2 ga bisa mnguasai trik orang lain dengan baik. kayak Tony ga bisa slide/grind kyk Rodney dan Rodney ga bisa aerial kyak Tony. jadi kalau mau dsebut God Of Skateboard, ya Rodney dan Tony itu. sama2 dewa dengan land yg berbeda..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar